Rabu, 17 September 2014

Belajar bermain gitar dan kunci/kord

     Gitar merupakan alat musik yang selalu digunakan untuk mengiringi dan membentuk nada untuk mengiringi sebuah nyayian atau instrumen. Dalam dunia permusikan, gitar termasuk alat musik tradisional dan modern yang dapat di sesuaikan berdasarkan permainan yang dimainkan. Ciri - ciri gitar yang paling dominan adalah gitar termasuk kedalam alat musik berdawai yang terbuat dari kayu dan memiliki bagian - bagian atau struktur yang berlekuk dan memiliki tangan sebagai pegangan untuk membentuk nada-nada. 

     Adapun jika seseorang mau memainkan nya, mereka wajib mengetahui teknik - teknik dalam bergitar, yang mana bermain gitar juga memiliki nada - nada tersendiri yang dapat membentuk bunyian yang indah dan enak di dengar. Banyak orang mengira bermain gitar itu adalah hal yang sulit apalagi untuk mencapai kemampuan fingering yang cepat, sebenarnya hal tersebut bisa di kuasai oleh setiap orang asalkan mereka selalu melatih kemampuan mereka untuk memahami ilmu dalam bermain gitar dan memiliki kreatifitas yang mendukung untuk memainkannya 

     Namun, disini saya cuman mempostingkan cara dasar untuk anda yang pengen mencoba untuk berlatih untuk memainkan gitar. Adapun caranya saya akan urutkan secara secara terperinci agar mudah untuk saudara pahami. Di dalam postingan saya yang lainnya, saya juga sudah buatkan link untuk menguasai teknik dalam bermain gitar yang lain contohnya seperti cara membuat kord pada gitar (bisa diliat disini) dan juga cara mencari melodi gitar. Berikut ini caranya mainnya :

1. Jika anda seorang pemula dalam bermain gitar, maka hal yang pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari sebuah lagu yang memiliki kord atau kunci gitar yang mudah karena dengan demikian latihan yang anda lakukan dapat membuat diri anda cukup bangga apabila lagu tersebut dapat anda mainkan dengan gitar, adapun kunci gitar yang mudah anda kuasai itu dapat lihat pada gambar berikut
 2. Untuk membaca kunci gitar di atas yang perlu anda perhatikan adalah tanda hitam yang ada pada bagian fret tersebut. Pada kunci gitar itu, anda melihatnya dengan cara mengarahkan gitar anda kearah atas.

3. Kalau anda sudah dapat melatih diri anda untuk memainkan gitar dengan kunci dasar tersebut, anda harus melanjutkan latihan ke lagu yang menggunakan kunci yang agak rumit, seperti kunci yang ada pada gambar berikut:
  
4. Untuk menguasai kunci gitar tersebut anda harus menghafalnya dengan cara memainkan lagu menggukaan kunci yang tertera di atas agar anda bisa terbiasa untuk bermain gitar.

5. Setelah anda mulai terbiasa memainkankan kunci pada gitar tersebut anda bisa meninggkatkan latihan untuk meningkatkan skill anda dengan cara mencari ilmu mengenai cara bermain melodi dan menguasai pola - pola dalam permainan gitar seperti pola minor, mayor dan mengetahui skill pentatonik, blues, harmonik, arpegio dan lain-lainnya. Kalau saya patokan, jika anda berlatih 2 jam minimal perhari dalam jangkan 1 bulan anda pasti akan mahir dalam bermain gitar ... Gimana??? Mudah bukan

2 komentar: