Kamis, 14 Agustus 2014

Cara membuat kord atau kunci pada gitar

     Membuat sebuah kord atau kunci pada gitar bukanlah hal yang sulit bagi sobat semua, kenapa??? Karena kita cuman memikirkan jarak antara nadanya saja, kalau kuncinya adalah mayor misalnya C, D, E,F,G dan lain sebagainya maka jarak nadanya adalah 2 dan 1-1/2, begitupun sebaliknya kalau kord atau kunci yang kita mainkan adalah Cm,Dm,Em dan lain sebagainya maka jarak nadanya adalah 1-1/2 dan 2. Kalau sobat udah tau jaraknya mari kita cobakan pada gitarnya

     Saya akan mencontohkan pada nada mayor dulu yaitu C, sesuai dengan jarak yang sudah saya sebutkan tadi maka bagian senar yang harus di petik adalah nada C - E - G, nah setelah itu sobat bisa mencobakannya pada gitar sobat. Paham!! Kalau sobat belum mengerti, kembali saya ajak sobat lagi pada nama-nama nada yang ada pada setiap senar gitar,  coba perhatikan gambar berikut

     Pada gambar disamping, sobat bisa melihat nama nada yang menempel di bagian kiri senar yaitu tali 6 menghasilkan nada E, tali 5 menghasilkan nada A dan seterusnya. Nah pada  nada - nada tersebut kita coba mengambil nada E pada senar ke-6 maka kalau kita lanjutkan pada fret2 nya akan membunyikan nada do re mi fa sol la si du, dan nama nadanya yaitu E-F-G-A-B-C-D-E, selanjutnya jarak antara nada B-C dan E-F adalah setengah dan selalu begitu (tidak pernah berubah) sedangkan jarak nada lainnya adalah satu, jaraknya dari nada senar yang menghasilkan nada E saat di lepas, maka untuk menghasilkan nada F nya (setengah hitungan) maka jari sobat dapat di pindahkan pada fret 1, nah setelah itu untuk menghasilkan nada G nya (satu hitungan) sobat harus memindahkan jari sobat ke fret 3 dari nada F tadi (fret 1) begitu seterusnya. Kalau nadanya berjarak setengah sobat pindahin aja jarinya satu fret, kalau jarak nadanya satu langkauin aja 2 fret. Understand!!

     Sejauh ini, kalau sobat sudah mengeri kita cobakan pada kunci C tadi di mana nadanya adalah C-E-G dari hitungan nada C-D-E-F-G-A-B-C (C-E berjarak 2 dan E-G berjarak 1-1/2) lihat pada gambar di atas itu adalah kunci C, jarak dari nada A pada senar ke-5 menuju fret 3 akan menghasilkan nada C, jarak antara nada D senar ke fret ke-2 akan menghasilkan nada E, dan jarak nada B pada senar ke-2 juga menghasilkan nada C, jadi yang di bunyikan pada gambar di atas adalah kord C, lalu sobat pasti bertannya yang G nya di mana, sobat bisa masukin juga atau di hilangin tergantung kitanya aja, enaknya dimana.

     Nah begitu pula kalau kita memainkan kord minornya, jarak nadanya adalah 1-1/2 (satu setengah) dan 2, maka sobat bisa menghitungnya sendiri, misalnya kita ingin tau kord Am maka kita bisa buatkan dulu nada-nadanya A-B-C-D-E-F-G-A, maka bunyi nada dari Am adalah  A-C-E (A ke C berjarak !-1/2 dan C ke E berjarak 2), nah setelah itu sobat bisa memainkan nya sendiri dan mencari nadanya pada gitar sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar